Materi PKKMB pada Selasa, 03 September 2024

 




Tema : Generasi sukses berlandaskan Aswaja An-Nahdliyah

Narasumber : KH. Ma'ruf khozin ( Ketua Aswaja center, PWNU Jawa Timur) 


Madzhab politik

. Syi'ah

. Khawarij


Madzab Aqidah

. Mu'tazilah

. Qadiriyah

. Jabariyah

. Asy'ariyah, Maturidiyah


Aliran baru

. Salafi, Wahabi

. Bahaiyah

. Amadiyah


Tarikh al-madzahib

Syaikh Abu zahrah, Mesir


Akidah (Iman) mengikuti :

1. Asy'ari

2. Maturidi

Fiqih (Islam) mengikuti : 

1. Hanafi

2. Maliki

3. Syafi'i

4. Hambali

Akhlaq (Tasawuf) mengikuti : 

1. Al-Junaid

2. Al-ghazali


Sikap kemasyarakatan NU

1. Tawassuth dan I'tidal : Adil

2. Tasamuh : Toleransi

3. Tawazun : seimbang

4. Amar ma'ruf nahi munkar : Mengajak kebaikan meninggalkan kemunkaran



- Imam Bukhari memiliki karya kitab "Adab Mufrad" Didalamnya ada hadits daif

- Imam Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah, Ahmad bin hamba, dll menerima hadits daif


Tawassul ada 4

1. Tawassul dengan nama Allah SWT

2. Tawassul dengan Ibadah

3. Tawassul dengan orang yang masih hidup 

4. Tawassul dengan orang sudah meninggal



Tema : Tantangan dan peluang mahasiswa dalam revolusi Industri 4.0 dan society 5.0

Narasumber : Bagas satrio wicaksono


Identifikasi masalah, dan langkah pertama dengan mencapai prestasi seperti perlombaan konten dan lain-lain, dengan cara ini dapat dimanfaatkan didalam CV


- membangun kepemimpinan 

. Mengatur jam terbang

. Melihat peluang

. Berani mengambil kesempatan yang ada


- Tantangan mahasiswa bisa menjadi peluang bagi mahasiswa

Dengan cara :

1. Teknologi ( kita bisa dapat informasi dengan sangat cepat) 

2. Melawan tantangan dengan mencari solusi yang relaid, identifikasi isue sosial



Tema : Personal Branding 

Narasumber : Mursyidul Ibad, S.KM., M.Kes


Personal branding adalah proses membangun dan mempromosikan citra diri yang unik dan konsisten


Tujuan : 

1. Membedakan diri dari orang lain

2. Membangun reputasi yang baik

3. Menarik peluang profesional dan bisnis


Langkah membangun personal branding : 

1. Menentukan tujuan dan audiensi. Siapa target audiens anda? Apa tujuan personal branding anda? 

2. Identifikasi nilai unik anda. Apa yang membedakan anda dari yang lain? 

3. Membangun online presence : Optimalkan profil LinkedIn, buat konten berkualitas, dan interaksi dan komunitas

4. Membangun jaringan : Jalin hubungan dengan profesional di industri anda

5. Konsisten dan otentisitas : Tetap autentik dan konsisten dalam menyampaikan pesan anda


Kesalahan yang harus dihindari : 

1. Tidak konsisten

Pesan yang tidak konsisten dapat membingungkan audiens

2. Terlalu fokus pada diri sendiri

Personal branding bukan tentang anda, tpi nilai yang ditawarkan dari anda

3. Tidak memanfaatkan teknologi

Sekarang era tekhnologi, sehingga perlu dimanfaatkan



https://unusa.ac.id

https://fkip.unusa.ac.id

https://pkkmb.unusa.ac.id/blog

Facebook : https://www.facebook.com/unusaofficialfb

- Instagram : https://www.instagram.com/unusa_official/

- Youtube : https://www.youtube.com/@unusa_official

- Twitter ( X ) : https://x.com/unusa_official?lang=en

- Tiktok : https://www.tiktok.com/@unusa_official

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Para Remaja Harus Punya 4 Kunci Ini Dalam Membangun Ketangguhan Mental

Materi PKKMB pada Senin, 02 September 2024