Materi PKKMB pada Selasa, 03 September 2024
Tema : Generasi sukses berlandaskan Aswaja An-Nahdliyah
Narasumber : KH. Ma'ruf khozin ( Ketua Aswaja center, PWNU Jawa Timur)
Madzhab politik
. Syi'ah
. Khawarij
Madzab Aqidah
. Mu'tazilah
. Qadiriyah
. Jabariyah
. Asy'ariyah, Maturidiyah
Aliran baru
. Salafi, Wahabi
. Bahaiyah
. Amadiyah
Tarikh al-madzahib
Syaikh Abu zahrah, Mesir
Akidah (Iman) mengikuti :
1. Asy'ari
2. Maturidi
Fiqih (Islam) mengikuti :
1. Hanafi
2. Maliki
3. Syafi'i
4. Hambali
Akhlaq (Tasawuf) mengikuti :
1. Al-Junaid
2. Al-ghazali
Sikap kemasyarakatan NU
1. Tawassuth dan I'tidal : Adil
2. Tasamuh : Toleransi
3. Tawazun : seimbang
4. Amar ma'ruf nahi munkar : Mengajak kebaikan meninggalkan kemunkaran
- Imam Bukhari memiliki karya kitab "Adab Mufrad" Didalamnya ada hadits daif
- Imam Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah, Ahmad bin hamba, dll menerima hadits daif
Tawassul ada 4
1. Tawassul dengan nama Allah SWT
2. Tawassul dengan Ibadah
3. Tawassul dengan orang yang masih hidup
4. Tawassul dengan orang sudah meninggal
Tema : Tantangan dan peluang mahasiswa dalam revolusi Industri 4.0 dan society 5.0
Narasumber : Bagas satrio wicaksono
Identifikasi masalah, dan langkah pertama dengan mencapai prestasi seperti perlombaan konten dan lain-lain, dengan cara ini dapat dimanfaatkan didalam CV
- membangun kepemimpinan
. Mengatur jam terbang
. Melihat peluang
. Berani mengambil kesempatan yang ada
- Tantangan mahasiswa bisa menjadi peluang bagi mahasiswa
Dengan cara :
1. Teknologi ( kita bisa dapat informasi dengan sangat cepat)
2. Melawan tantangan dengan mencari solusi yang relaid, identifikasi isue sosial
Tema : Personal Branding
Narasumber : Mursyidul Ibad, S.KM., M.Kes
Personal branding adalah proses membangun dan mempromosikan citra diri yang unik dan konsisten
Tujuan :
1. Membedakan diri dari orang lain
2. Membangun reputasi yang baik
3. Menarik peluang profesional dan bisnis
Langkah membangun personal branding :
1. Menentukan tujuan dan audiensi. Siapa target audiens anda? Apa tujuan personal branding anda?
2. Identifikasi nilai unik anda. Apa yang membedakan anda dari yang lain?
3. Membangun online presence : Optimalkan profil LinkedIn, buat konten berkualitas, dan interaksi dan komunitas
4. Membangun jaringan : Jalin hubungan dengan profesional di industri anda
5. Konsisten dan otentisitas : Tetap autentik dan konsisten dalam menyampaikan pesan anda
Kesalahan yang harus dihindari :
1. Tidak konsisten
Pesan yang tidak konsisten dapat membingungkan audiens
2. Terlalu fokus pada diri sendiri
Personal branding bukan tentang anda, tpi nilai yang ditawarkan dari anda
3. Tidak memanfaatkan teknologi
Sekarang era tekhnologi, sehingga perlu dimanfaatkan
https://pkkmb.unusa.ac.id/blog
Facebook : https://www.facebook.com/unusaofficialfb
- Instagram : https://www.instagram.com/unusa_official/
- Youtube : https://www.youtube.com/@unusa_official
- Twitter ( X ) : https://x.com/unusa_official?lang=en
- Tiktok : https://www.tiktok.com/@unusa_official
Komentar
Posting Komentar